Deskripsi Kebutuhan Fungsional Sistem Informasi
Menurut Abdul
Kadir (2003: 38) analisis kebutuhan merupakan proses untuk menghasilkan
spesifikasi kebutuhan. Spesifikasi kebutuhan adalah spesifikasi yang rinci
tentang pengolahan data yaitu jumlah data yang harus diproses, waktu pengolahan
saat data siap diproses sampai informasi yang dihasilkan. Spesifikasi ini
digunakan untuk membuat kesepakatan
dalam pengembangan sistem.
Kebutuhan fungsional adalah kebutuhan
yang berisi proses-proses apa saja yang diberikan oleh sistem informasi. Sistem
ini dapat digunakan oleh pengguna yaitu operator/karyawan dan
administrator/pemilik dimana karyawan dan pemilik memiliki hak akses yang
berbeda didalam sistem tersebut. Kebutuhan Fungsional sangat bergantung dari
jenis perangkat lunak, pengguna sistem, dan jenis sistem dimana perangkat lunak
tersebut digunakan.
Fungsi Kebutuhan Fungsional :
v Menggambarkan fungsionalitas atau layanan sistem
v Tergantung pada tipe software, harapan user dan tipe sistem dimana
software digunakan
v Kebutuhan fungsional user merupakan pernyataan level tinggi dari
apa yang seharusnya dilakukan sistem tetapi kebutuhan fungsional sistem
menggambarkan layanan sistem secara detail
Kebutuhan fungsional mencakup:
v Fungsi deskripsi kebutuhan
v Laporan baik hardcopy maupun softcopy
v Updating dan query online
v Penyimpanan data, pencarian kembali dan transfer data
Sebagai contoh dalam mendefinisikan
kebutuhan fungsional ini studi kasus yang diangkat adalah tentang sistem
informasi Traveloka
v Traveloka adalah perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia yang
menyediakan layanan pencarian dan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara
online. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta. Perusahaan ini didirikan
pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert.
v Hal-hal yang Terlibat dalam Sistem
Informasi Traveloka
1. Pengguna 5.
Identitas Pengguna
2. Administrator 6.
Maskapai Penerbangan
3. Media Web dan jaringan 7.
Pembookingan Hotel
4. E-Banking atau ATM
v Langkah-langkah Pemesanan Hotel atau
Pesawat
1. Pengguna memesan melalui website resmi traveloka.com
2. Pengguna melakukan pencarian di
halaman utama website. Pencarian dilakukan dengan menginput data dengan cara pilih
menu Penerbangan atau Hotel
3. Setelah masuk dalam halaman
‘Hasil Pencarian’, pengguna dapat langsung melihat berbagai pilihan penerbangan
atau Hotel yang tersedia. Jika pengguna sudah memutuskan untuk memilih salah
satu dari berbagai pilihan yang tersedia, maka pengguna dapat langsung memilih
‘Pesan Sekarang’. Berikutnya, pengguna akan langsung diarahkan pada
halaman‘Data Pemesanan’.
4. Pada halaman ‘Data Pemesanan’, pengguna
menginput data pemesan yang dapat dihubungi berkenaan dengan pemesanan ini,
meliputi Nama kontak, No. Handphone Kontak, dan Alamat Kontak Email. Apabila
data yang diinput sudah benar, pengguna dapat memilih ‘Lanjutkan’ dan proses
akan dilanjutkan dengan menginput data yang diperlukan. Setelah semua data
telah diisi dengan lengkap, pengguna dapat melanjutkan proses ini dengan
memilih ‘Lanjut ke Pemesanan’.
5. Halaman yang selanjutnya muncul
adalah ‘Review Pemesanan dan Harga’. Halaman ini akan menampilkan rincian
pesanan berdasarkan semua data yang sudah diinput oleh pengguna sebelumnya.
Apabila semua rincian sudah sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh pengguna,
maka pengguna dapat menlanjutkan proses pemesanan ini dengan memilih ‘Lanjut ke
Pembayaran’.
6. Pada halaman Pembayaran, hal yang
pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah memilih metode pembayaran.
Terdapat beberapa pilihan metode pembayaran yaitu antara lain melalui Transfer,
ATM, Kartu Kredit, CIMB Clicks, Mandiri ClickPay, Mandiri e-Cash, BCA Klikpay,
BNI Debit Online, dan Mandiri Debit VbV.
7. Setelah pembayaran pengguna
sukses diterima oleh pihak Traveloka, e-tiket maupun bukti konfirmasi pesan
kamar hotel (voucher hotel) akan dikirimkan langsung ke email konsumen. Invoice
bukti pembayaran juga terlampir di email yang sama.
v Kebutuhan Fungsional Sistem
Informasi Traveloka
1. Pengguna yang melakukan input
identitas dan data pemesanan tiket ke dalam sistem dan melakukan pembayaran
biaya tiket
2. Admin yang
mengatur sistem serta menyediakan informasi dan layanan e-banking
3. Sistem dapat memberikan kenyamanan
dan kemudahan dalam pemesanan tiket pesawat atau booking hotel secara cepat
4. Sistem dapat memberikan informasi
tentang harga terbaik pemesanan tiket atau booking hotel yang sesuai dengan
keiinginan pengguna
5. Sistem dapat memberikan informasi
tentang harga promo yang sedang ditawarkan
6. Sistem dapat memberikan gratis
biaya transaksi karena harga yang dicantumkan adalah harga final dan tanpa
hidden fee
7. Sistem dapat memberikan review
dan rekomendasi tentang hotel dan maskapai penerbangan favorit untuk para
pengguna
8. Pengguna dapat kapan pun, di mana
pun berada, selama terkoneksi dengan internet, bisa booking hotel dan pesan
tiket pesawat secara online.
Nama Kelompok :
Sapti Dwi Mukti (15.05.52.0320)
Nur Aprilita Fauziyah (15.05.52.0336)
Nisabella Nurulia S (15.05.52.0340)
Daftar Pustaka:
Nama Kelompok :
Sapti Dwi Mukti (15.05.52.0320)
Nur Aprilita Fauziyah (15.05.52.0336)
Nisabella Nurulia S (15.05.52.0340)
Daftar Pustaka:
http://emak2blogger.com/2016/02/24/8-keuntungan-yang-didapat-dari-booking-hotel-online/
http://lindoet23.blogspot.co.id/2015/07/
Komentar
Posting Komentar