Deskripsi Kebutuhan Fungsional Sistem Informasi

Menurut Abdul Kadir (2003: 38) analisis kebutuhan merupakan proses untuk menghasilkan spesifikasi kebutuhan. Spesifikasi kebutuhan adalah spesifikasi yang rinci tentang pengolahan data yaitu jumlah data yang harus diproses, waktu pengolahan saat data siap diproses sampai informasi yang dihasilkan. Spesifikasi ini digunakan untuk membuat  kesepakatan dalam pengembangan sistem.

 Kebutuhan fungsional adalah kebutuhan yang berisi proses-proses apa saja yang diberikan oleh sistem informasi. Sistem ini dapat digunakan oleh pengguna yaitu operator/karyawan dan administrator/pemilik dimana karyawan dan pemilik memiliki hak akses yang berbeda didalam sistem tersebut. Kebutuhan Fungsional sangat bergantung dari jenis perangkat lunak, pengguna sistem, dan jenis sistem dimana perangkat lunak tersebut digunakan.

Fungsi Kebutuhan Fungsional :
v  Menggambarkan fungsionalitas atau layanan sistem
v  Tergantung pada tipe software, harapan user dan tipe sistem dimana software digunakan
v  Kebutuhan fungsional user merupakan pernyataan level tinggi dari apa yang seharusnya dilakukan sistem tetapi kebutuhan fungsional sistem menggambarkan layanan sistem secara detail

  

  
Kebutuhan fungsional mencakup:
v  Fungsi deskripsi kebutuhan
v  Laporan baik hardcopy maupun softcopy
v  Updating dan query online
v  Penyimpanan data, pencarian kembali dan transfer data

Sebagai contoh dalam mendefinisikan kebutuhan fungsional ini studi kasus yang diangkat adalah tentang sistem informasi Traveloka



v  Traveloka adalah perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan pencarian dan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert.

v  Hal-hal yang Terlibat dalam Sistem Informasi Traveloka
1. Pengguna                                          5. Identitas Pengguna
2. Administrator                                    6. Maskapai Penerbangan
3. Media Web dan jaringan                   7. Pembookingan Hotel
4. E-Banking atau ATM

v  Langkah-langkah Pemesanan Hotel atau Pesawat
1.  Pengguna memesan melalui website resmi traveloka.com
2. Pengguna melakukan pencarian di halaman utama website. Pencarian dilakukan dengan menginput data dengan cara pilih menu Penerbangan atau Hotel
3. Setelah masuk dalam halaman ‘Hasil Pencarian’, pengguna dapat langsung melihat berbagai pilihan penerbangan atau Hotel yang tersedia. Jika pengguna sudah memutuskan untuk memilih salah satu dari berbagai pilihan yang tersedia, maka pengguna dapat langsung memilih ‘Pesan Sekarang’. Berikutnya, pengguna akan langsung diarahkan pada halaman‘Data Pemesanan’.
4. Pada halaman ‘Data Pemesanan’, pengguna menginput data pemesan yang dapat dihubungi berkenaan dengan pemesanan ini, meliputi Nama kontak, No. Handphone Kontak, dan Alamat Kontak Email. Apabila data yang diinput sudah benar, pengguna dapat memilih ‘Lanjutkan’ dan proses akan dilanjutkan dengan menginput data yang diperlukan. Setelah semua data telah diisi dengan lengkap, pengguna dapat melanjutkan proses ini dengan memilih ‘Lanjut ke Pemesanan’.
5. Halaman yang selanjutnya muncul adalah ‘Review Pemesanan dan Harga’. Halaman ini akan menampilkan rincian pesanan berdasarkan semua data yang sudah diinput oleh pengguna sebelumnya. Apabila semua rincian sudah sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh pengguna, maka pengguna dapat menlanjutkan proses pemesanan ini dengan memilih ‘Lanjut ke Pembayaran’.
6. Pada halaman Pembayaran, hal yang pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah memilih metode pembayaran. Terdapat beberapa pilihan metode pembayaran yaitu antara lain melalui Transfer, ATM, Kartu Kredit, CIMB Clicks, Mandiri ClickPay, Mandiri e-Cash, BCA Klikpay, BNI Debit Online, dan Mandiri Debit VbV.
7. Setelah pembayaran pengguna sukses diterima oleh pihak Traveloka, e-tiket maupun bukti konfirmasi pesan kamar hotel (voucher hotel) akan dikirimkan langsung ke email konsumen. Invoice bukti pembayaran juga terlampir di email yang sama.

v  Kebutuhan Fungsional Sistem Informasi Traveloka
1. Pengguna yang melakukan input identitas dan data pemesanan tiket ke dalam sistem dan melakukan pembayaran biaya tiket
2. Admin yang mengatur sistem serta menyediakan informasi dan layanan e-banking
3. Sistem dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam pemesanan tiket pesawat atau booking hotel secara cepat
4. Sistem dapat memberikan informasi tentang harga terbaik pemesanan tiket atau booking hotel yang sesuai dengan keiinginan pengguna
5. Sistem dapat memberikan informasi tentang harga promo yang sedang ditawarkan
6. Sistem dapat memberikan gratis biaya transaksi karena harga yang dicantumkan adalah harga final dan tanpa hidden fee
7. Sistem dapat memberikan review dan rekomendasi tentang hotel dan maskapai penerbangan favorit untuk para pengguna
8. Pengguna dapat kapan pun, di mana pun berada, selama terkoneksi dengan internet, bisa booking hotel dan pesan tiket pesawat secara online.

Nama Kelompok :
Sapti Dwi Mukti           (15.05.52.0320)
Nur Aprilita Fauziyah    (15.05.52.0336)
Nisabella Nurulia S       (15.05.52.0340)

Daftar Pustaka:
http://emak2blogger.com/2016/02/24/8-keuntungan-yang-didapat-dari-booking-hotel-online/
http://lindoet23.blogspot.co.id/2015/07/




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rancangan Data Flow Diagram

Rancangan Entity Relationship Diagram