Rancangan Antarmuka

v  Pengertian
Antarmuka Pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
User Interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan/membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.

v  Tujuan
Tujuan dari Perancangan Antarmuka Pengguna adalah merancang interface yang efektif untuk sistem perangkat lunak. Efektif artinya siap digunakan, dan hasilnya sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan disini adalah kebutuhan penggunanya. Pengguna sering menilai sistem dari interface, bukan dari fungsinya melainkan dari user interfacenya. Jika desain user interfacenya yang buruk, maka itu sering jadi alasan untuk tidak menggunakan software. Selain itu interface yang buruk sebabkan pengguna membuat kesalahan fatal. Saat ini interface yang banyak digunakan dalam software adalah GUI (Graphical User Interface). GUI memberikan keuntungan seperti:
1. Mudah dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan komputer cukup minim.
2. Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi  yang dimungkinkan.
3. Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam tugas/keperluan.

v  Rancangan Antarmuka Travel and Tour
           1. Nama dan Logo

Travel and Tour, nama yang bagus dan cocok untuk suatu website yang berhubungan dengan adanya kata yang khas yaitu travel yang berati perjalanan. Nama yang cukup sederhana dan mudah di ingat oleh masyarakat.

           2. Tampilan Grafis


Pertama kali masuk ke website Travel and Tour user akan disuguhkan dengan tampilan yang menarik dan simpel dengan tema peach. Pada home page web Travel and Tour lebih mengutamakan program pencarian tiket pesawat, namun tetap terlihat menarik degan adanya gambar-gambar dan juga ikon-ikon sebagai pelengkap dan juga memudahkan user untuk lebih memahami.

3. Sistem Menu
Sitem menu tidak pernah lepas dari sebuah sistem atau program baik dekstop ataupun program online, sistem menu berguna untuk memudahkan user untuk berkomunikasi dengan program, user bisa memberikan perintah hanya dengan menekan atau klik sebuah menu. Sistem menu ada beberapa jenis misal menu datar, menu puldown, menu dropdown, dll


Pada website Travel and Tour ini juga terdapat beberapa menu yang bisa membantu para user untuk menemukan apa yang user inginkan. 
Pada bagian Header halaman Travel and Tour terdapat beberapa menu penting yang dibutuhkan para user seperti pilihan tiket pesawat, bantuan, login, register, review, promo, cara pesan dan cek pesanan.

4. Ikon/simbol
Ikon atau simbol juga merupakan bagian terpenting dari suatu program dan website, ikon berguna untuk membantu user memahami suatu menu atau konten dalam suatu web, misalnya dalam web Travel and Tour terdapat ikon kalender menunjukan waktu pemesanan, ikon tujuan penerbangan, ikon /logo maskapai, ikon/logo bank, dll

5. Tampilan lain
v    Tampilan Flights (Digunakan jika user ingin memesan tiket pesawat sesuai dengan tujuan yang diinginkan)


v  Tampilan Reviews (Digunakan untuk mengetahui review dari sistem tentang penerbangan dari situs Travel and Tour)

  
v  Tampilan Promos (Digunakan jika user ingin melihat atau berminat dengan promo yang diatawarkan oleh sistem)


 v  Tampilan Login (Digunakan jika user ingin masuk ke akun Travel and Tour yang sudah dimiliki) 


v  Tampilan Register (Digunakan jika user ingin mendaftar dan memiliki akun Travel and Tour agar memudahkan dalam pemesanan tiket pesawat) 


Contoh Langkah-langkah Booking Tiket Penerbangan:


1.      Buka situs web http://www.travelandtour.com
2.      Jika Anda telah memiliki akun, silahkan langsung masuk ke menu Log in. Masukkan email atau nomer telepon dan password, kemudian klik log in


3.      Kemudian akan muncul pilihan Jenis Penerbangan (Flight Destination), Tanggal Penerbangan (Date of Flight), dan Jumlah Penerbangan (Search Flights). Di halaman ini customer bisa melihat harga setiap maskapai penerbangan yang diinginkan dan sesuai kebutuhan dari customer. Kemudian klik Search Flight


4.    Contohnya, jika meng-klik Search Flight akan muncul beberapa jenis maskapai penerbangan dengan beberapa tujuan yang disertakan jam penerbangan dan harga penerbangan
5.    Jika sudah menentukan maskapai penerbangan mana yang akan dipakai, customer bisa langsung meng-klik kotak “Book Now”, yang kemudian akan dilanjutkan melakukan pengisian tanggal penerbangan dan jumlah penumpang


6.      Kemudian akan muncul tampilan pemesanan data. Untuk pengisian identitas awal (berisi Full Name, Telephone No, dan Email Address). Lalu klik next


7.      Untuk pembayaran, customer bisa langsung meng-klik kotak “Payment” yang didalamnya terdapat beberapa pilihan transaksi seperti Transfer, ATM, Cash kemudian klik kotak “Pay with …”


8.      Setelah verifikasi e-mail, akan muncul tampilan E-Ticket Kode Booking yang berisi Nama Customer yang membooking, Tanggal Penerbangan, jenis maskapai yang dipilih dan durasi penerbangannya.

9.   Setelah customer melakukan pengecekan ulang, customer bisa langsung meng-klik kotak “Download” untuk dilakukan penukaran tiket (Boarding Pass) pada saat hari yang telah ditentukan.

Nama Kelompok :
Sapti Dwi Mukti           (15.05.52.0320)
Nur Aprilita Fauziyah    (15.05.52.0336)
Nisabella Nurulia S       (15.05.52.0340)

Daftar Pustaka :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rancangan Data Flow Diagram

Rancangan Entity Relationship Diagram

Deskripsi Kebutuhan Fungsional Sistem Informasi